Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Di Desa Sidakangen Purbalingga

Penulis

  • Nabila Khaerunnisa Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Eddy Maryanto Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nur Chasanah Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jiki.12

Kata Kunci:

Administrasi, Informasi, MySQL, Pelayanan, PHP, Sistem

Abstrak

Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan merupakan sistem berbasis web yang digunakan untuk mengelola proses pelayanan administrasi pembuatan surat-menyurat. Pembuatan surat-menyurat di Desa Sidakangen masih menggunakan pembukuan atau arsip secara manual. Dari pembukuan atau arsip tersebut kemudian di rekap kedalam Microsoft Excel untuk dicetak sebagai laporan, belum lagi petugas akan melayani masyarakat dalam pembuatan surat menyurat sehingga pada prosesnya membutuhkan waktu yang lebih untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukan dengan baik. Untuk mengatasi beberapa permasalah tersebut maka perlu dirancang suatu Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web sehingga dapat meningkatkan kinerja Perangkat Desa dalam mengolah data - data dan informasi yang dimiliki agar lebih akurat dan efisien, serta dapat menangani permasalahan dalam pelayanan administrasi kependudukan di Desa Sidakangen. Sistem Informasi Pelayanan Administrasi ini menggunakan metode pengembangan Waterfall dengan metode pengujian Blackbox dan MOS (Mean Opinion Score) yang membuktikan bahwa adanya sistem ini masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan proses pelayanan administrasi tingkat desa.

Referensi

Kemendagri, Permendagri Nomor 30 Tahun 2006 Tentang Tatacara Penyerahan Urusan Pemerintahan Kabupaten dan Kota Kepada Desa, Jakarta: Indonesia, 2006.

H. Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi Edisi III, Yogyakarta: Andi, 2005.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi, 2014.

A. Mulyanto, Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Suparlan, “Pengertian Pelayanan,” 10 November 2016. [Online]. Available: http://www.seputarpengetahuan.co.id/2016/10/pengertian-pelayanan-menurut-para-ahli-lengkap.html.

Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

S. Hanadayaningrat, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta: Gunung Agung, 1985.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi, 2007.

A. Kristanto, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Yogyakarta: Gaya Media, 2008.

Fathansyah, Basis Data, Bandung: Informatika, 2012.

Rohi Abdulloh, 7 In 1 Pemrograman Web untuk Pemula, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2018.

Roger S. Presman, Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andi, 2012.

e. Chindra saputra, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan pada Desa Kota Karang,” Manajemen Sistem Informasi , p. 592, 2017.

A. N. Taufik, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Studi Kasus Desa Prembun Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas),” Skripsi Universitas Jenderal Soedirman, Purbalingga, 2015.

a. k. Efy widyawati, “Rancang Bangun Aplikasi Kependudukan Berbasis Web di Desa Kedungrejo Waru-Sidoarjp,” Manajemen Informatika, pp. 171-179, 2016.

Diterbitkan

11-11-2021

Cara Mengutip

Khaerunnisa, N., Maryanto, E., & Chasanah, N. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Di Desa Sidakangen Purbalingga. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(2), 99–108. https://doi.org/10.54082/jiki.12