Sistem Pakar untuk Mendeteksi Kerusakan Jaringan Internet pada Indihome di Pematangsiantar

Penulis

  • Muhammad Sya'i Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Indra Gunawan Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Irawan Irawan Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Poningsih Poningsih Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Rafiqa Dewi Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jiki.17

Kata Kunci:

Forward Chaining, Kerusakan Jaringan Internet, Sistem Pakar

Abstrak

Pendeteksian gangguan jaringan internet indihome seringkali membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan tidak semua pengguna jaringan internet indihome mengerti penanganan gangguan pada jaringan internet indihome. Selain itu administrator Indihome sendiri terkadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam mendeteksi gangguan pada jaringan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem pakar untuk mendeteksi gangguan jaringan internet indihome. Sistem pakar ini dapat digunakan pengguna indihome untuk membantu mendeteksi gangguan pada jaringan dan dapat dijadikan sebagai asisten pakar oleh administrator indihome. Sistem Pakar ini dibangun menggunakan metode Forward Chaining. Hasilnya direpresentasikan ke dalam Knowledge Based Table yang selanjutnya digunakan untuk pembangunan sistem pakar. Metode ini cocok dipakai di sistem pakar yang mendiagnosis suatu yang belum pasti dengan menggunakan perhitungan yang akurat untuk memastikan nilai keyakinannya. Manfaat yang didapat dari sistem pakar yang mampu melaksanakan diagnosis dengan singkat, tepat dan akurat kepada gejala kerusakan yang ada diharapkan bisa membantu karyawan dalam menyampaikan solusi dan penanganan secara akurat dari kerusakan yang terjadi pada jaringan internet indihome.

Referensi

R. Rizky, A. H. Wibowo, Z. Hakim, and L. Sujai, “Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Jaringan Local Area Network (LAN) Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Tek. Inform. Unis, vol. 7, no. 2, pp. 145–152, 2020, doi: 10.33592/jutis.v7i2.396.

S. Saiful Rizal/Rini Agustina, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Komputer dengan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor di Universitas Kanjuruhan Malang,” Bimasakti, 2014.

H. Hafizah, T. Tugiono, and A. Azlan, “Sistem Pakar Untuk Pendiagnosaan Karies Gigi Menggunakan Teorema Bayes,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 4, no. 1, p. 103, 2021, doi: 10.53513/jsk.v4i1.2625.

R. E. Putri, K. Molly Morita, and Y. Yusman, “Penerapan metode forward chainig pada sistem pakar untuk mengetahui kepribadian seseorang,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, p. 7, 2020.

Refli Noviardi, “Sistem Pakar Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining Dalam Menganalisa Kerusakan Mesin Fotokopi Dan Penannggulangannya (Study Kasus Di Q-El Copier Service Center and Distributor),” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 53, no. 9, pp. 163–172, 2020.

H. Ismatullah and Q. J. Adrian, “Implementasi Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Ikatan Keluarga Alumni Santri Berbasis Web,” J. Inform. Dan Rekayasa …, vol. 2, no. 2, pp. 3–10, 2021.

M. F. Mulya, Y. E. Wibawa, and A. L. B. Masalah, “Aplikasi Sistem Personalisasi Dan Monitoring Pengunjung Berbasis Smartcard RFID ( Radio Frequency Identification ) Studi Kasus Candi Borobudur,” vol. V, no. September, pp. 1–10, 2021.

A. H. Nugroho and T. Rohimi, “Perancangan Aplikasi Sistem Pengolahan Data Penduduk Dikelurahan Desa Kaduronyok Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang Berbasis Web,” Jutis, vol. 8, no. 1, pp. 17749231–5527063, 2020.

M. F. Yuliandi, “PEMBUATAN APLIKASI PENGARSIPAN PETA PERTANAHAN SECARA DIGITAL MENGGUNAKAN PHP FRAMEWORK DAN MySQL DI KANTOR PERTANAHAN KOTA BANDAR LAMPUNG,” SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL YOGYAKARTA, 2013.

T. Istanto, F. X. Manggau, and L. Lamalewa, “IMPELEMENTASI OWNCLOUD PADA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA,” vol. 10, no. 2, pp. 47–51, 2021.

Diterbitkan

05-01-2022

Cara Mengutip

Sya’i, M., Gunawan, I., Irawan, I., Poningsih, P., & Dewi, R. (2022). Sistem Pakar untuk Mendeteksi Kerusakan Jaringan Internet pada Indihome di Pematangsiantar. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(1), 37–46. https://doi.org/10.54082/jiki.17