Sistem Informasi Panduan Diet Bagi Penderita Obesitas Berbasis Website

Penulis

  • Sigit Rizaldi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Arief Kelik Nugroho Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nur Chasanah Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jiki.6

Kata Kunci:

diet, harris benedict, kalori, obesitas, sistem informasi, waterfall

Abstrak

Obesitas adalah suatu keadaan yang terjadi apabila jumlah lemak tubuh dibandingkan dengan berat badan total lebih besar dari pada normal. Banyak dikalangan remaja hingga dewasa yang mengalami penyakit obesitas. Dengan penyakit yang mereka alami, tentunya mereka akan berinisiatif untuk melakukan program diet untuk menghilangkan obesitas. Adapun masalah yang terjadi adalah banyak dari sekian orang yang belum mengerti tentang diet sehat. Diet sehat adalah suatu aturan dalam pola makan untuk tujuan tertentu. Berdasarkan permalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang berjudul “Rancang Bangun Sistem Informasi Panduan Diet Bagi Penderita Obesitas berbasis  Website”. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi berbasis web yang dapat membantu para obesitas untuk bisa melakukan program diet dengan baik dan benar. Sistem dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, PHP, dan MySQL serta penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall dan metode pengujian yang digunakan Blackbox dan Mean Opinion Score (MOS). Hasil pengujian sistem berdasarkan pengujian MOS 90% responden menyatakan bahwa sistem panduan diet bagi penderita obesitas dapat membantu dalam menjalankan program diet dengan baik, dan hasil pengujian blackbox sistem berjalan dengan baik sesuai ketentuan pengujian pada sistem.

Referensi

A. Sazani, "Efektifitas Media Nutrizan Diet untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Diet yang Sehat pada Remaja Putri SMK Jurusan Kecantikan di Kota Tegal," Journal of Health Education, 2016.

W. Kurdanti, "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Obesitas pada Remaja," Jurnal Gizi Klinik Indonesia, vol. 11, pp. 179-190, 2015.

T. Maryusman, "Pengaruh Kombinasi Diet Tinggi Serat dan Senam Aerobik terhadap Penurunan Berat Badan," Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, vol. 14, pp. 56-62, 2018.

L. D. Asih, "Meminimumkan Jumlah Kalori di Dalam Tubuh Dengan Memperhitungkan Asupan Makanan dan Aktivitas Menggunakan Linear Programming," Ekologia, vol. 16, pp. 38-44, 2016.

R. Baskora, "Sistem Informasi Perencanaan Pola Hidup Sehat melalui Keseimbangan Aktivitas dan Asupan Makanan," Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, vol. 1, pp. 181-191, 2011.

I. N. Ranitadewi, "Pengaruh Pemberian Konseling Gizi Terhadap Persen Lemak Tubuh Wanita Overweight dan Obesitas Peserta Senam Pilates," Journal Of Nutrition College, vol. 7, pp. 123-132, 2018.

D. Munandaris, "Penurunan Berat Badan Pada Obesitas Melalui Pengaturan Diri," Jurnal Penelitian Humaniora, vol. 2, pp. 199-211, 2009.

R. Astari, "Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Hidup Sehat Berbasis Android," Skripsi, 2018.

M. Ajidarma, Aplikasi Perhitungan Kebutuhan Kalori dan Perhitungan Kalori Dari Makanan yang Dikonsumsi, Skripsi, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019, pp. 1-18.

F. Akbari, Rancang Bangun Sistem Informasi Diet Makanan Rumah Sakit Berbasis Web, Skripsi, Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2016, pp. 115-120.

Diterbitkan

29-08-2021

Cara Mengutip

Rizaldi, S., Nugroho, A. K., & Chasanah, N. (2021). Sistem Informasi Panduan Diet Bagi Penderita Obesitas Berbasis Website. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(1), 55–74. https://doi.org/10.54082/jiki.6