Sistem Informasi Marketplace Penyewaan Barang Berbasis Web Dengan Framework Laravel

Penulis

  • Aji Nurcahyo Hidayat Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Dadang Iskandar Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nofiyati Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jiki.9

Kata Kunci:

marketplace, penyewaan barang, waterfall, laravel, MOS, MySQL, PHP

Abstrak

Pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2016, jumlah pengguna internet di Indonesia tumbuh sebesar 10,12%. Perkembangan yang semakin pesat ini di manfaatkan oleh berbagai pihak guna memaksimalkan fungsi dari kemajuan teknologi ini, yang salah satunya adalah dalam bidang jasa yaitu penyewaan atau rental barang. Banyaknya bisnis penyewaan barang yang muncul saat ini membuat penyewa barang seringkali lupa terkait informasi terkait produk yang ditawarkan. Kurangnya informasi atau promosi dari pemilik barang membuat calon penyewa sedikit kesulitan dan memerlukan usaha yang lebih untuk mendapatkan barang yang diinginkan, sehingga perlu adanya penyewaan berbasis website yang memuat informasi terkait produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem marketplace yang memuduahkan bagi calon penyewa dalam menemukan barang yang diinginkan dan bagi pemilik barang untuk memudahkan memasarkan barangnya dan mengelola barang serta pesanannya. Cara kerja sistem ini, penyewa mencari barang yang diinginkan melalui sistem lalu memesannya. Pesanan tersebut kemudian dikirimkan ke pemilik barang oleh sistem setelah pembayaran untuk biaya sewa dikonfirmasi oleh admin dan pemilik barang dapat memberikan barangnya kepada penyewa sesuai data pesanannya. Sistem ini berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP menggunakan framework laravel yang didukung basis data MySQL dan mengacu pada metode pengembangan waterfall pada proses pembuatannya. Tahap pengujian untuk sistem marketplace penyewaan barang dilakukan dengan metode pengujian blackbox testing dan Mean Opinion Score. Hasilnya menunjukan bahwa sitem berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan mampu mebantu bagi calon penyewa dalam mencari informasi barang sewaan maupun bagi para pemilik barang dalam mempromosikan barangnya.

Referensi

Abdulloh, Rohi. 2018. 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Jakarta : ELEX MEDIA KOMPUTINDO.

Anggraeni, E. Y. dan Irviani, R. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia [APJII]. (2016). Profil Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Efendi. 2019. “Pengertian Marketplace Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya”. https://www.nesabamedia.com/pengertian-m arketplace/ , diakses pada 7 Februari 2020.

Fatansyah. 2015. Basis Data. Bandung : INFORMATIKA.

Handariyani, H. “Perancangan Maretplace Penyewaan Kamera Berbasis Website”. Teknik. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri, 2018.

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta : ANDI.

Kemdikbud. 2016. “Sewa”. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/sewa , diakses pada 25 Februari 2020.

Kurniawan, Y. I. dan Kusuma, A.F.S., “Aplikasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Salat bagi Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 8, no 1, pp. 7-14, 2021.

Nugroho, Adi. 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta ; ANDI.

Majdina, N. A. R. “Rancang Bangun Sistem Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Web Pada Fakultas Teknik Universitas jenderal Soedirman”. Teknik. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto. Purwokerto, 2020.

Muslih , M. M. 2020. “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Shuttle Berbasis Android Menggunakan Framework Flutter”. Teknik. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Putra, G. A. 2015. “Rancang Bangun Software Sistem Monitoring TV Digital DVB-T2”. Teknologi Industri. Institus Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Putra, R. P., et.al.,. “Rancang Bangun Sistem Informasi Persewaan Dan Penjualan Properti Di Diy Berbasis Web”. Teknik. Universitas PGRI Yogyakarta. Yogyakarta, 2017.

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Peangkat Lunak: Pendekatan Pratktisi Edisi

Yogyakarta : ANDI.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung : INFORMATIKA.

Sidiarta, P., dkk. 2018. “Rancang Bangun Sistem Informasi Marketplace Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web”. Teknik Informatika. STMIK Primakara Denpasar. Bali.

Yudhanto, Y., & Prasetyo, H. A. 2019. Mudah Menguasai Framework Laravel. Jakarta : ELEX MEDIA KOMPUTINDO.

Diterbitkan

11-11-2021

Cara Mengutip

Hidayat, A. N., Iskandar, D., & Nofiyati, N. (2021). Sistem Informasi Marketplace Penyewaan Barang Berbasis Web Dengan Framework Laravel. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(2), 75–98. https://doi.org/10.54082/jiki.9